Saturday, May 25, 2013

Sejarah


LATAR BELAKANG


     Wisma Lansia Harapan Asri adalah salah satu karya yang dikelola oleh Yayasan Mardiwijana Semarang dibawah naungan Kongregasi Bruder-bruder Santo Aloisius (CSA) yang berlokasi di Banyumanik – Semarang.

     Yayasan Mardiwijana bergerak berlandaskan visi misi yang telah dirumuskan dan digeluti selama ini. Visi misi tersebut adalah persaudaraan yang merangkul setiap orang, terutama yang miskin, lemah dan terlantar melampaui batas ras, suku dan agama. Serta memperjuangkan kasih dan damai berdasarkan keadilan jender yang dijiwai hati dan motivasi yang murni.

     Dengan melihat realita masyarakat, antara lain meningkatnya taraf kesehatan, lingkungan dan tata hidup masyarakat, berdampak pula pada peningkatan harapan hidup bagi warga lanjut usia (lansia). Pada tahun 1990 angka harapan hidup adalah 59,8 tahun. Pada tahun 2020 menurut para ahli diproyeksikan menjadi 71,7 tahun.

     Disisi lain kita juga melihat kehidupan orang dewasa yang kemudian mendirikan keluarga baru (berkeluarga), sehingga orang tua mereka tinggal sendiri, baik dengan pasangan hidupnya, sebagai duda maupun janda. Mobilitas kerja generasi muda semakin tinggi sehingga sulit untuk membawa serta orang tua tinggal bersama. Insan lanjut usia yang masih ingin hidup menjadi dirinya sendiri, membutuhkan tempat tinggal dengan lingkungan yang khusus sesuai dengan keadaan dan perkembangannya. Kedua kepentingan tersebut dapat disatukan dengan mengutamakan semua keinginan kedua pihak.
     
     Melihat realita masyarakat demikian, maka di dalam menentukan karya baru dan bentuk peran serta dalam menangani permasalahan sosial khususnya para lanjut usia (lansia), maka bidang karya sosial yang dipilih adalah Pendampingan Lansia Wisma Harapan Asri. Pendampingan Wisma Lansia Harapan Asri memungkinkan dan memberi kesempatan kepada para lanjut usia (lansia) untuk mampu mengembangkan diri secara optimal dan mengarah pada kesempurnaan hidup dalam suasana tenang, gembira, dan harmonis di masa senja dilandasi semangat kasih, damai, dan persaudaraan.

0 comments:

Post a Comment